Home / Artikel / Mengenal Domain sch.id untuk Website Sekolah
Mengenal Domain sch.id untuk Website Sekolah

Mengenal Domain sch.id untuk Website Sekolah

Domain sch.id merupakan jenis domain yang digunakan secara khusus untuk institusi pendidikan, yakni sekolah. Sch adalah singkatan dari school yang berarti sekolah, sementara id adalah kependekan dari Indonesia. Keduanya selalu berdampingan dan tidak terlepaskan dalam penggunaannya.

Teknologi informasi dan internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal tersebut memberi pengaruh yang cukup signifikan terhadap kehidupan. Hampir semua aspek membutuhkan internet, tidak terkecuali aspek pendidikan seperti sekolah. Terlebih lagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, sehingga siswa dan pihak sekolah dituntut go online.

Ini juga penting : cara kompress file pdf

Tidak hanya untuk menunjang kegiatan belajar mengajar saja, namun website sekolah juga berfungsi sebagai profil sekolah dan promosi keunggulan sekolah. Nah, untuk mewujudkan hal tersebut maka pihak sekolah perlu membuat website khusus sekolah, tentu saja dengan domain yang khusus pula yakni domain scd.id.

Apa Itu Domain sch.id?

Domain adalah alamat website yang harus Anda ketikkan pada URL untuk mengunjungi suatu situs atau website tertentu. Sementara domain sch merupakan domain yang digunakan oleh instansi pendidikan dan menandakan bahwa website tersebut adalah website miliki sekolah. Sch diambil dari bahasa Inggris school yang berarti sekolah, sementara penambahan .id menandakan bahwa sekolah tersebut berada di negara Indonesia.

Kamu Harus Tahu bahwa beli domain sch paling murah itu di DomaiNesia Cuma 49 ribu setahun

Membuat website sekolah dengan domain sch akan memberikan berbagai keuntungan sehingga memang direkomendasikan khusus untuk institusi sekolah selain universitas. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh domain sch.id yaitu:

  • Telah memiliki izin resmi dari pemerintah dan harga yang ditawarkan murah dan terjangkau.
  • Sebagai identitas kepemilikan website, sehingga pengguna internet dapat dengan mudah mengenali bahwa website tersebut ada milik Lembaga pendidikan.
  • Kredibilitas sekolah meningkat dan terlihat lebih berkualitas serta terpercaya karena menggunakan domain resmi sama seperti yang digunakan oleh website sekolah pada umumnya.
  • Tenaga pendidik dan murid yang memiliki email sekolah dengan domain tersebut dapat menikmati layanan software yang berfungsi untuk menunjang kegiatan belajar online sekolah. Software tersebut seperti Github For Education, G Suite For Education dan juga Canva For Education.

Manfaat Memiliki Website Sekolah

Setelah mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh domain sch, kemudian Anda juga harus mengetahui apa sebenarnya manfaat website bagi sebuah sekolah. Adapun manfaat membuat website untuk sekolah antara lain:

  • Sekolah memiliki data profil siswa yang akurat.
  • Menampilkan profil sekolah yang selalu update, modern dan menarik.
  • Mengenalkan profil sekolah ke jangkauan yang lebih luas, bahkan dunia.
  • Terciptanya interaksi antara siswa dan guru yang tidak terbatas waktu maupun ruang.
  • Menyediakan sarana belajar siswa yang tidak terbatas.
  • Bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mengetahui profil sekolah tanpa harus hadir ke sekolah.
  • Sebagai media pemberitahuan informasi seputar sekolah, salah satunya adalah kelulusan siswa.
  • Sebagai media promosi suatu sekolah dengan biaya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan media promosi lama yakni brosur.
  • Sebagai wadah memamerkan berbagai prestasi yang dicapai oleh sekolah. Memiliki siswa dengan segudang prestasi adalah salah satu kebanggan dan nilai plus dari sebuah sekolah. Melalui website, sekolah dapat memamerkan segudang pencapaian yang dimiliki.

Syarat – Syarat Pembuatan Domain SCH.ID

Setiap pembuatan domain pasti memerlukan beberapa dokumen lampiran atau syarat. Hal tersebut berbeda jika Anda ingin membuat domain .id, my.id dan biz.id, karena ketiga domain tersebut tidak memerlukan syarat khusus. Akan tetapi, untuk membuat domain dengan ekstensi lain tentu saja harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan, termasuk didalamnya sch.id.

Karena sekolah merupakan instansi resmi, maka ketika membuat suatu website harus melampirkan beberapa syarat, seperti:

  • Scan KTP (Kartu Tanda Penduduk) Penanggung Jawab
  • Scan surat permohonan Kepala Sekolah untuk melakukan pembelian domain.
  • Scan Surat Kuasa Kepala Sekolah untuk pendaftaran nama domain yang ditujukan kepada Penanggung Jawab.

Cara Membuat Website Sekolah Domain SCH.ID

Setelah melengkapi syarat-syarat seperti yang disebutkan di atas, berikut ini adalah tata cara membuat website sekolah dengan domain sch.id yaitu:

  1. Membuat Akun Pelanggan

Langkah pertama adalah membuat akun pelanggan pada penyedia layanan domain, salah satunya Domainesia. Isi semua informasi pribadi yang dibutuhkan, seperti alamat, password dan lain sebagainya.

  1. Mendaftarkan Domain Website Sekolah

Setelah itu, daftarkan nama domain website dengan nama sekolah pada Field Pendaftaran Domain Baru.

Jika nama domain yang diinginkan tersedia, tambahkan ke keranjang dan lakukan pembayaran sesuai instruksi yang diberikan.

  1. Input Data Sekolah dan Persyaratan

Selanjutnya Anda dapat memasukkan informasi data sekolah yang meilputi Nama Sekolah, Nomor registrasi, Jenis Registrasi Sekolah dan lain-lain.

  1. Periksa Data dan Pembayaran

Periksa kembali data sekolah yang telah Anda masukkan dan segera lakukan Checkout dan pembayaran.

Nah, itu dia informasi seputar pembuatan website sekolah dengan domain sch.id secara detail dan lengkap. Semoga bermanfaat.

Check Also

jasa pembuatan website bekasi

Jenis-jenis website dan fungsinya

Jenis- jenis website dan fungsinya Website terdiri dari beberapa jenis dan dikelompokan dari beberapa fungsi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *