Home / Artikel / 3 Cara Memperkenalkan Website Pada Anak
3 Cara Memperkenalkan Website Pada Anak

3 Cara Memperkenalkan Website Pada Anak

Website adalah sekumpulan halaman web yang berada pada satu domain tertentu. Namun tidak lagi hanya untuk orang dewasa, semakin canggihnya teknologi anak-anak pun juga harus mulai memahami tentang dunia internet agar bisa beradaptasi. Dan berikut cara memperkenalkan website pada anak. 

Cara memperkenalkan website pada anak

Memang benar bahwa sebuah situs website adalah sumber informasi terbesar, tetapi hal itu juga dapat menjadi tempat yang berbahaya bagi anak-anak. Meskipun demikian, hal tersebut bukan menjadi alasan bagi orangtua untuk melarang anak-anak menjelajahi dunia internet. 

Justru sebagai orang tua kamu yang memiliki peran penting untuk bertanggung jawab memperkenalkan website pada anak-anak. Agar tidak salah langkah, berikut adalah beberapa cara memperkenalkan website pada anak yang benar:

1. Pilih dan pantau website yang aman untuk digunakan anak 

Berhati-hati adalah langkah yang sangat penting ketika pertama kali memperkenalkan website pada anak, karena dunia internet sangatlah luas yaitu dari seluruh penjuru di dunia. 

Meskipun kamu sebagai orangtua mengetahui bahaya apa saja yang mengintai di balik layar, tetapi anak-anak belum terlalu paham akan hal tersebut.

Jadi, saat pertama kali memperkenalkan website pada anak kamu perlu memberi tahu bahwa pemakaian internet akan dipantau untuk sementara waktu. Berikanlah alasan yang jelas pada anak kenapa kamu melakukan hal tersebut, tentu untuk memastikan mereka tetap aman.

Ketika mulai mengizinkan penggunaan internet khususnya mengakses website secara bebas, ada baiknya orang tua terlebih dahulu memperkenalkan pada game edukasi dan beberapa situs aman. 

Selain itu, penting juga untuk membatasi waktu dalam pemakaian internet. Ketika anak-anak menghabiskan terlalu banyak waktu online atau mengakses sebuah website, mudah bagi mereka untuk terpengaruh.

Berikut ini contoh  game edukasi dan situs aman yang bisa kamu perkenalkan lebih dulu pada anak: 

Game World of Zoo

Game edukasi ini mengajarkan dan mengenalkan anak dengan berbagai jenis hewan dan mengenalkan suara hewan. 

Selain itu, juga menyediakan beberapa fitur menarik seperti, anak bisa merancang dan mendesain kebun binatangnya sendiri, terdapat 90 jenis hewan di game ini.

Scholastic

Selanjutnya, ada website pendidikan yang unik karena berisi kegiatan yang dibagi berdasarkan tingkatan. Peserta didik pra-sekolah hingga siswa senior di sekolah menengah bisa menemukan kegiatan belajar.

2. Jelaskan semua hal baik dan buruk tentang situs website 

Penting untuk jujur ​​​​dengan anak-anak tentang dunia internet. Memang benar bahwa percakapan untuk menjelaskan website ini akan berbeda antara anak berusia lima tahun dan pra-remaja, tetapi itu perlu dilakukan dengan cara apa pun. 

Sebagai orang tua perlu waspada bahwa nyatanya tidak hanya anak-anak yang bisa ditipu secara online, mereka juga bisa menjadi korban cyberbullying. Cyberbullying dapat terjadi dalam berbagai bentuk, tetapi biasanya terjadi di platform media sosial. 

Beri tahu anak-anak bahwa sebuah situs website bisa menjadi tempat yang menyenangkan dan mendidik, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya orang jahat atau buruk. 

Jadi, untuk menghindari kejahatan-kejahatan di dunia maya penting untuk memberi tahu mereka beberapa tanda peringatan yang harus diwaspadai. 

Selain itu juga beberapa perilaku yang harus mereka hindari ketika mengakses situs website, seperti memperbolehkan untuk mengambil data-data milikmu. 

Perlu kamu tahu bahwa sebuah situs website dapat berjalan karena adanya layanan hosting yang digunakan saat membuatnya. Layanan VPS murah terbaik ini bisa kamu dapatkan hanya di DomaiNesia. Selain itu ada juga domain murah gratis SSL

3. Ajarkan anak tentang sistem keamanan internet

Fitur keamanan di komputer mampu memblokir situs web tertentu agar tidak dapat diakses. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk memantau anak menggunakan internet, seperti melihat situs apa yang mereka kunjungi dan waktu online.

Meskipun fitur ini mungkin tampak mengganggu anak-anak pada awalnya, namun kamu wajib memberitahu mereka bahwa hal itu diatur untuk keselamatan mereka. 

Dengan cara ini, kamu dapat memperkenalkan anak pada aspek-aspek tertentu dari internet tanpa memaparkan ke beberapa situs website yang tidak aman. 

Cara terbaik untuk memperkenalkan website pada anak adalah dengan menjelaskan secara rinci apa yang baik dan buruk hingga memantau penggunaannya. 

Itulah beberapa tips cara memperkenalkan website pada anak. Meskipun penting untuk berhati-hati saat pertama kali, namun berikanlah juga mereka penjelasan bahwa membuka sebuah situs website bukanlah hal yang buruk.

Pada kenyataannya, mengakses internet untuk membuka sebuah situs website juga memiliki banyak dampak positif. Salah satu contohnya seperti menambah informasi, dan bisa beradaptasi dengan dunia teknologi saat ini. 

Namun, tetap webiste juga bisa menjadi tempat yang berbahaya bagi anak-anak. Itulah sebabnya mereka harus mematuhi aturan, agar tetap aman saat online

Check Also

Siap Digital

Siap Digital – UKM Go Online

Dalam pelatihan tersebut dikemukakan data, maksimal hanya 9% pelaku UKM yang aktif dalam menggunakan strategi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *